Skip to main content

Hak dan Kewajiban sebagai Anggota Gereja


Haii. Pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan secara singkat apa hak dan kewajiban kita sebagai anggota Gereja. Langsung saja saya jelaskan.

Hak dan Kewajiban sebagai Anggota Gereja
Arti Warga Masyarakat

Masyarakat adalah keseluruhan yang konkrit historis dari segala hubungan timbal balik antara manusia dan macam-macam kelompok.

Hak-hak warga negara menurut UUD 1945 :

    Image result for hak dan kewajiban sebagai anggota gereja
  • Hak untuk hidup
  • Hak memilih (hak aktif) dan dipilih (hak pasif)
  • Hak untuk mendapatkan rasa aman
  • Ikut serta dalam usaha pembelaan negara
  • Kebebasan memilih agama

Kewajiban sebagai Anggota Masyarakat :

  • Memelihara keamanan
  • Menjaga ketertiban umum
  • Mengupayakan kesejahteraan
  • Membayar pajak
  • Setia membela negara

Para Pemimpin Masyarakat :
Pemimpin yang ideal adalah pemimpin yang mempunyai pemikiran cerdas, betindak bijaksana, tidak memihak.
Pemimpin menurut Ki Hajar Dewantara. Pemimpin selalu Tut Wuri Handayani Ia penuh inisiatif untuk menggerakkan dan mendukung anak buahnya.
Pemimpin yang baik menurut Tuhan Yesus adalah orang yang rela berkorban demi kepentingan banyak orang.
Pemimpin palsu atau gadungan adalah pemimpin yang lari masyarakat dalam kesulitan dan membutuhkannya.
Pemimpin yang baik akan mengenal dan dikenal oleh rakyatnya/anak buahnya.
Pemimpin menurut Tuhan Yesus adalah pemimpin yang menjadi abdi/pelayan banyak orang.

Hak dan Kewajiban menurut Ajaran Kitab Suci

Dalam Kitab Suci khususnya dalam Injil Matius 17 : 24 - 27. Tuhan Yesus mengajarkan agar setiap warga negara membayar pajak kepada Kaisar sebagai wujud tanggungjawabnya sebagai warga negara. Tuhan Yesus juga menunjukkan bahwa melaksanakan kewajiban sebagai warga negara merupakan perwujudan iman kepada Allah (Matius 22 : 15 - 22). Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang sebab apabila hak yang diutamakan maka seseorang hanya menuntut hal-hal yang harus mereka terima, namun bila kewajiban yang diutamakan maka orang akan hidup secara sosial yang berlebihan dan melupakan diri sendiri.

Hak dan Kewajiban menurut Tradisi Gereja

Menurut Ensilik Gaudium et Spes art. 22 disebutkan bahwa "pertumbuhan pribadi manusia dan perkembangan masyarakat saling tergantung". Selain itu dalam Gaudium et Spes art. 1 disebutkan bahwa "kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan orang-orang zaman sekarang, terutama kaum miskin dan siapa saja yang menderita, merupakan kegembiraan dan harapan, duka dan kecemasan para murid Kristus juga". Oleh karena itu, setiap warga Gereja dipanggil untuk melayani dan berperan serta secara aktif di masyarakat.

Pemimpin Masyarakat

Pemimpin yang Baik Menurut Tuhan Yesus adalah orang yang rela berkorban demi kepentingan banyak orang sebagaimana di sampaikan oleh Tuhan Yesus dalam Yoh 10 : 1 - 8 yang maknanya adalah gembala yang baik akan mengenal domba-dombanya.

Pemimpin menurut Tuhan Yesus adalah pemimpin yang menjadi abdi/pelayan banyak orang, melaksanakan hal-hal yang dibutuhkan dan diharapkan banyak orang. Jadi ukuran baik dan tidaknya seorang pemimpin adalah besarnya jasa dan manfaatnya bagi banyak orang atau sejauhmana pelayanannya dinikmati banyak orang. Maka kita wajib menghormati, menaati, dan mendukung pemimpin kita yang sah karena pemimpin yang sah merupakan simbol kehadiran Allah.

Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Kebebasan Kristiani bukanlah kebebasan tanpa aturan atau kebebasan yang bertentangan dengan sikap bertanggung jawab, bertindak semau-maunya, apalagi yang merugikan orang lain atas nama kebebasan. Sebab, setiap orang Kristen harus memiliki sikap yang sportif dan positif terhadap sesama warga masyarakat, memiliki kasih kepada sesamanya, dan hormat kepada pemimpin yang menjamin ketertiban dalam masyarakat.


Sumber : http://kisusyenni29.blogspot.co.id/2016/02/hak-dan-kewajiban-sebagai-anggota-gereja.html
https://hyesoosite.wordpress.com/2016/02/20/hak-dan-kewajiban-sebagai-anggota-gereja-5rangkuman/

Comments

Popular posts from this blog

Apa itu BRSL?

Haii.. Ini blog pertama saya hahaha. Nahh di blog pertamaku, saya akan membahas tentang BRSL atau yang lebih dikenal dengan bangun ruang sisi lengkung. Silakan disimak yaa :) Pengertian Bangun Ruang Sisi Lengkung Bangun ruang sisi lengkung adalah kelompok bangun ruang yang memiliki bagian-bagian yang berbentuk lengkungan. Biasanya bangun ruang tersebut memiliki selimut ataupun permukaan bidang. Yang termasuk ke dalam bangun ruang sisi lengkung adalah tabung, kerucut, dan bola. Tabung Tabung merupakan sebuah bangun ruang yang dibatas oleh dua bidang berbentuk lingkaran pada bagian atas dan bawahnya. Kedua lingkaran tersebut memiliki ukuran yang sama besar serta kongruen. Keduanya saling berhadapan sejajar dan dihubungkan oleh garis lurus. unsur-unsur yang ada pada tabung diantaranya adalah: t = tinggi tabung r = jari-jari Rumus-Rumus Yang Berlaku untuk Tabung: Luas Alas = Luas Lingkaran = πr 2 Luas Tutup = Luas Alas = πr 2 Luas Selimut = Keliling Alas ×

Bagaimana cara mengolah makanan?

Halo semua. Nah, kita di dunia ini tidak akan lepas dari makanan. Tiap hari pasti kita akan makan maupun mengolah makanan. Tentunya untuk mengisi kembali energi dalam tubuh kita ketika kita sudah lapar. Jadi, berikut adalah berbagai teknik dalam mengolah bahan pangan. Pengolahan Pangan Pengertian Pengolahan Makanan Pengolahan makanan adalah kumpulan metode dan teknik yang digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi  makanan  atau mengubah makanan menjadi bentuk lain untuk  konsumsi  oleh  manusia  atau oleh  industri   pengolahan   makanan  (Winarno,1993). Mekanisme Pengolahan Bahan Makanan/Pangan þ   Persiapan Bahan Makanan/Pangan Persiapan bahan makanan yaitu menyiapkan semua bahan makanan yang diperlukan sebelum dilakukan pengolahan, proses persiapan bahan makanan yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu suatu kegiatan yang spesifik dalam rangka mempersiapkan bahan makanan dan bumbu -bumbu sebelum dilakukan kegiatan pemasakan þ   Pengolahan Bahan Makanan/